perbedaan malaikat, manusia , dan jin setan

perbedaan malaikat, manusia , dan jin / setan

Malaikat dan manusia sama sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Tetapi, ada banyak ketidaksamaan di antara malaikat dan manusia, Malaikat dibuat oleh Allah SWT cuma untuk makhluk yang berbakti dan melakukan perintah Allah, dan manusia dibuat oleh Allah SWT sebagai Khalifah dari muka bumi. Juga manusia dibuat untuk melaksanakan ibadah ke Allah.

perbedaan malaikat, manusia , dan jin setan

perbedaan malaikat, manusia , dan jin setan

Disamping itu, ada banyak ketidaksamaan kembali di antara malaikat dengan manusia, yaitu:

1. Malaikat dibuat dari Sinar, dan manusia dibuat dari tanah.

Hadist berkenaan pembuatan malaikat dari cahaya ialah:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رَافِعٍ وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ قَالَ عَبْدٌ أَخْبَرَنَا وَقَالَ اِبْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنِ الزُّهْرِيِّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ
رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Sudah bercerita ke kami Muhammad Bin Rafi’ Abdu Bin Humaid, berbicara Abdu: Sudah mengkabarkan ke kami, dan ibnu Rafi’ berbicara: Sudah bercerita ke kami Abdurrazak sudah mengkhabarkan ke kami Ma’mar dari az-Zuhri dari Urwah dari ‘Aisyah R.A Berbicara : “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda: “Malaikat dibuat dari sinar, jin dibuat dari api yang menyala-nyala dan Adam dibuat dari suatu hal yang sudah disebut (ciri-cirinya) untuk kamu”.(Shahih Muslim 2996-60).

2. Malaikat tidak mempunyai gairah, dan manusia mempunyai gairah. Malaikat tidak membutuhka makan da minum seperti manusia.

3. Malaikat tidak mempunyai tipe kelamin, Dan manusia mempunyai tipe kelamin yaitu wanita dan lelaki.

4. Malaikat tidak memiliki karakter tinggi hati, dan manusia memiliki karakter tinggi hati dalam dianya.

Seperti diterangkan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 49:

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ مِنْ دَاۤبَّةٍ وَّالْمَلٰۤىِٕكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Maknanya: “Dan ke Allah sajalah bersujud semua apa yang ada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan () beberapa malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombong diri.”

5. Malaikat selalu patuh pada Allah, dan manusia ada yang lupa dan tidak mematuhi Allah.

6. Malaikat bisa berbeda bentuk, dan manusia tidak.

Malaikat bisa berbeda bentuk sesuai kehendak Allah SWT. Malaikat bisa berbeda bentuk jadi manusia dan hewan. Manusia tidak bisa berbeda bentuk.

7. Malaikat mempunyai pekerjaan yang lain sama sesuai dengan yang diperintah oleh Allah, dan manusia tidak begitu, manusia semuanya dibuat sebagai Khalifah dari muka bumi.

Leave a Reply