Gaji Karyawan PT Inalum Terbaru

Gaji PT Inalum – Informasi gaji karyawan PT Inalum semua posisi berikut bonus dan tunjangan dan benefit karyawan ,terbaru bersumber dari HRD PT Inalum terkait.

Halo sobat informasigaji.com kali ini kami akan mencoba membahas salah satu perusahaan BUMN tertua dan terbesar di indonesia yang bergerak dibidang peleburan almunium. sebelum kita ke topi utama tentang gaji PT Inalum , kami akan mencoba membahas sekilas tentang profil dan sejarah PT Inalum . simak ulasannya hanya di informasigaji.com

Gaji PT Inalum

Gaji PT Inalum

PT Indonesia Asahan Aluminium atau lebih dikenal sebagai INALUM merupakan BUMN pertama dan terbesar Indonesia yang bergerak dibidang peleburan Aluminium. Besarnya potensi kelistrikan yang dihasilkan dari aliran Sungai Asahan membuat Pemerintah Indonesia mengundang perusahaan konsultan pembangunan asal Jepang, Nippon Koei untuk melakukan studi kelayakan pembangunan PLTA di Sungai Asahan.

Studi kelayakan tersebut menyarankan agar produksi kelistrikan diserap oleh industri peleburan aluminium. Maka dengan itu, Pemerintah menindaklanjuti studi kelayakan tersebut bersama pihak Jepang untuk secara bersama mendirikan perusahaan untuk mengelola proyek Asahan dengan perusahaan yang bernama Indonesia Asahan Aluminium dengan ditandatanganinya kerjasama untuk pengelolaan bersama kawasan Sungai Asahan pada tanggal 7 Juli 1975.

Perusahaan yang didirikan pada tanggal 6 Januari 1976 dengan status Penanam Modal Asing dibentuk oleh 12 perusahaan Kimia dan Metal dari Jepang. Keberadaan Inalum sebagai industri peleburan aluminium telah meletakkan dasar fondasi yang kuat untuk mengembangkan industri hilir peleburan bahan tambang yang berpengaruh, bernilai tambah dan berdaya saing. Pada tanggal 9 Desember 2013, status Inalum sebagai PMA dicabut sesuai dengan kesepakatan yang di tandatangani di Tokyo pada tanggal 7 Juli 1975.

Baca Juga  Gaji Karyawan Waskita Karya Terbaru

Sejak diakuisisi oleh Pemerintah, Inalum kini tengah mengembangkan produksi hilir aluminium dengan mendorong diversifikasi produk dari aluminium ingot ke aluminium alloy, billet dan wire rod, serta menggarap pabrik peleburan baru yang terintegrasi di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional Tanah Kuning, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dan mempersiapkan diri untuk menjadi induk holding bumn bidang pertambangan yang direncanakan mengakuisisi Freeport Indonesia.

Gaji Karyawan PT Inalum Terbaru Semua Posisi

NO POSISI JABATAN KARYAWAN PT.INALUM GAJI / (BULAN)
1 Assistant Officer IDR. 4 Juta
2 Assistant Superintendent IDR. 6 Juta
3 Clerk IDR. 4 Juta
4 Deputy General Manager IDR. 19,5 Juta
5 Engineer IDR. 6 Juta
6 Engineering Operator IDR. 6 Juta
7 General Doctor IDR. 10 Juta
8 Internship IDR. 1 Juta
9 Internal Auditor IDR. 14 Juta
10 Junior Engineering IDR. 2,5 Juta
11 Junior Manager IDR. 19,5 Juta
12 Junior Officer IDR. 8 Juta
13 Manager IDR. 22,5 Juta
14 On Job Training IDR. 2,5 Juta
15 Operator IDR. 7 Juta
16 Pelaksana IDR. 4 Juta
17 Production Assistant Superintendent IDR. 10 Juta
18 Senior Operator IDR. 10 Juta
19 Staff IDR. 7,8 Juta
20 Superintendent IDR. 6 Juta
21 Supervisor IDR. 6 Juta

Benefit yang Didapat Karyawan PT Inalum

  • Karyawan Mendapatkan Jaminan BPJS Kesehatan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan BPJS Ketenagakerjaan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Berbagai Tunjangan (Kehadiran, Jabatan, Transport, Makan)
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Mess atau Tempat Tinggal
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Bonus Tahunan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Bonus Prestasi (sesuai target)
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Bonus Bulanan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Bonus 3 Bulanan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Bonus 6 Bulanan
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Tunjakan Hari Raya (THR)
  • Karyawan Mendapatkan Jaminan Kendaraan Operasional

Sejarah PT Indonesia Asahan Aluminium

Kegagalan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda untuk memanfaatkan derasnya debit air dari Danau Toba melalui Sungai Asahan, mendorong Pemerintah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air. Pada tahun 1972, rencana pembangunan PLTA menguat setelah pemerintah menerima laporan dari Nippon Koei, sebuah perusahaan konsultan Jepang menyatakan bahwa studi kelayakan pembangunan PLTA memungkinkan dibangun sekaligus dengan sebuah peleburan aluminium sebagai pemakai utama dari listrik yang dihasilkannya.

Baca Juga  Gaji Karyawan PT PELNI Terbaru

Menindaklanjuti studi kelayakan tersebut, pada tanggal 7 Juli 1975 di Tokyo, setelah melalui perundingan-perundingan yang panjang dan dengan bantuan ekonomi dari pemerintah jepang untuk proyek ini, pemerintah Republik Indonesia dan 12 Perusahaan Penanam Modal Jepang menandatangani Perjanjian Induk untuk PLTA dan Pabrik Peleburan Aluminium Asahan yang kemudian dikenal dengan sebutan Proyek Asahan.

Kedua belas Perusahaan Penanam Modal Jepang tersebut adalah Sumitomo Chemical, Sumitomo Corporation, Nippon Light Metal Company, Itochu, Nissho Iwai, Nichimen, Showa Denko K.K., Marubeni, Mitsubishi Chemical Industries, Mitsubishi Corp, Mitsui Aluminium, Mitsui & Co. Selanjutnya, untuk penyertaan modal pada perusahaan yang akan didirikan di Jakarta kedua belas Perusahaan Penanam Modal Tersebut bersama Pemerintah Jepang membentuk sebuah nama Nippon Asahan aluminium Co, Ltd (NAA) yang berkedudukan di Tokyo pada tanggal 25 November 1975.

Pada tanggal 6 Januari 1976, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), sebuah perusahaan patungan antara pemerintah Indonesia dan Jepang didirikan di Jakarta. Inalum adalah perusahaan yang membangun dan mengoperasikan Proyek Asahan, sesuai dengan perjanjian induk. Perbandingan saham antara pemerintah Indonesia dengan Nippon Asahan Aluminium Co., Ltd, pada saat perusahaan didirikan adalah 10% dengan 90%. Pada bulan Oktober 1978 perbandingan tersebut menjadi 25% dengan 75% dan sejak Juni 1987 menjadi 41,13% dengan 58,87%. Dan sejak 10 Februari 1998 menjadi 41,12% dengan 58,88%.

Gaji PT Inalum Terbaru

Untuk melaksanakan ketentuan dalam perjanjian induk, Pemerintah Indonesia kemudian mengeluarkan SK Presiden No.5/1976 yang melandasi terbentuknya Otorita Pengembangan Proyek Asahan sebagai wakil Pemerintahan yang bertanggung jawab atas lancarnya pembangunan dan pengembangan Proyek Asahan. Inalum dapat dicatat sebagai pelopor dan perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak dalam bidang Industri peleburan aluminium dengan investasi sebesar 411 miliar Yen. Secara de facto, perubahan status Inalum dari PMA menjadi BUMN terjadi pada 1 November 2013 sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Perjanjian Induk.

Baca Juga  Gaji Pos Indonesia Terbaru

Pemutusan kontrak antara Pemerintah Indonesia dengan Konsorsium Perusahaan asal Jepang berlangsung pada 9 Desember 2013, dan secara de jure Inalum resmi menjadi BUMN pada 19 Desember 2013 setelah Pemerintah Indonesia mengambil alih saham yang dimiliki pihak konsorsium. PT INALUM (Persero) resmi menjadi BUMN ke-141 pada tanggal 21 April 2014 sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2014.[sumber]

Nah itu dia sahabat informasigaji.com untuk informasi tentang gaji PT Inalum informasi diatas kami  himpun dari karyawan yang masih aktif bekerja dan dari devisi HRD(recrutmen)  terkait. Semoga informasi tersebut dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua, salam sukses dari kami admin web informasigaji.com

Leave a Reply